Kota Berkembang Tercepat Sedunia

0 1109
...

Pembangunan pesat di Indonesia rupanya kalah dengan negara Afrika ini. Kota Nairobi di Kenya tumbuh sangat pesat sejak 1954, tercepat di dunia.

Melansir CNN Travel, Jumat (21/12/2018), ibu kota Kenya menjadi kota metropolis yang terus berkembang pesat di negara yang mencakup 582.650 km2 itu. Berasal dari frasa Maasai yang berarti 'tempat perairan dingin', Nairobi lebih sering disebut sebagai 'Kota Hijau di Matahari'.

Terletak di antara Somalia dan Tanzania di Afrika Timur, adalah tempat di mana penduduk dan binatang buas tinggal di dekatnya. Mungkin inilah satu-satunya kota dengan taman safari di depan pintunya.

Menjadi salah satu kota paling berpengaruh di Afrika, Nairobi adalah pusat vital komersial regional dan finansial. Rumah bagi kantor pusat regional dari berbagai perusahaan dan organisasi internasional besar juga memiliki jumlah mal tertinggi di Kenya.

Meskipun masih muda, kata Najib Balala, Menteri Pariwisata Kenya tingkat pertumbuhan Nairobi telah menjadi salah satu yang tertinggi di antara kota-kota di Afrika. Banyak proyek-proyek real estate, hotel, dan gedung pencakar langit secara besar-besaran bermunculan.

Populasi Kota Nairobi meningkat pesat, dua kali lipat sejak 1986. Faktanya, satu-satunya hal yang bergerak lambat di Nairobi adalah lalu lintas, yang menjadi kendala bagi wisatawan dan penduduk lokal.

Awal kelahiran Kota Nairobi

Pertumbuhan besar Kota Nairobi dimulai dari kedatangan sistem kereta api. Tahun 1895, Inggris sibuk menghubungkan bagian-bagian koloninya dengan membangun rel kereta api dari Mombasa, Kenya ke tetangganya, Uganda.

Di ketinggian 1.794 mdpl, area ini dipilih sebagai titik persinggahan karena suhu sejuk dan ketersediaan makanan dan air. Pada tahun 1899 Nairobi didirikan oleh pemerintah kolonial sebagai depo rel kereta api Uganda.

Dijelaskan kurator Museum Kereta Api Nairobi, Randiga Aron Elias, bangunan pertama perkeretaapian dibangun ketika kereta api mencapai Nairobi yang mengubah fungsi tanah luas di mana hewan liar bertumbuh kembang.

Kereta Api Uganda dibangun oleh para budak India yang dibawa untuk bekerja dalam kondisi yang mengerikan. Beberapa dari mereka dimakan oleh singa ketika bekerja, meski situasinya mengerikan, Kenya mengakui warisan itu dan melestarikannya di museum.

"Jangan lupa, tapi maafkan. Itulah yang terjadi di masa lalu. Kami bergerak maju. Sangat menyakitkan," kata Balala.

Tidak ada yang bisa memprediksi perkembangannya. Kota kumuh itu menggantikan Machakos sebagai ibu kota Kenya pada 1907 hingga negara itu merdeka tahun 1963.

Kota Safari, Nairobi

Sekarang, Nairobi menjadi ibu kota safari dan taman nasionalnya menjadi tiang utama dalam struktur kota. Seluas 134 kilometer persegi, Nairobi memiliki lebih dari 400 jenis burung serta kerbau, macan tutul, singa dan badak juga berlatar belakang gedung pencakar langit.

Perbedaan tajam terlihat antara alam liar dan kota. Pagar listrik menjadi satu-satunya pemisah dengan satwa liar dan setengah juta penduduk.

Salah satu cara menikmati kemewah untuk mengalami ini adalah menginap di Giraffe Manor. Sebuah hotel megah yang terkenal dengan jerapah yang biasa menjulurkan kepalanya ke jendela saat sarapan Anda tiba.

Para aktivis konservasi alam telah menyuarakan keprihatinannya tentang ancaman modernisasi Nairobi. Balala yakin taman nasional tertua Afrika dan Hutan Karura dapat menanggulangi perkembangan itu.

Setengah tanah di Nairobi adalah Taman Nasional Nairobi, lainnya adalah Hutan Karura. Alam adalah detak jantung dan satwa liarnya telah membantu menarik wisatawan ke Kenya selama bertahun-tahun.

Masa depan Nairobi

Dari segi kunjungan, saat ini meningkat dengan pendapatan pariwisata sebesar 20% pada tahun 2017.
Nairobi juga dinobatkan sebagai salah satu dari 10 destinasi utama yang sedang naik daun oleh situs perjalanan TripAdvisor.

Nairobians atau orang-orang Nairobi sangat bahagia, berkembang dan manusia yang menarik. Mereka sangat bersemangat membuat Nairobi terus maju.

Di Nairobi juga ada perselisihan karena politik. Para ahli memperkirakan populasinya akan mencapai hampir enam juta pada 2025.


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Category: Bisnis
    No Response

    Leave a reply "Kota Berkembang Tercepat Sedunia"