[otw_is sidebar=otw-sidebar-3]

Kemungkinan Penyebab Memar di Tubuh

0 714
[otw_is sidebar=otw-sidebar-4]
[otw_is sidebar=otw-sidebar-6]
...

Kamu sering menemukan memar atau lebam tanpa tahu penyebabnya? Adanya memar yang muncul secara tiba-tiba di tubuhmu bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang perlu kamu atasi.

...
...

Bukan cuma karena terjatuh atau trauma lainnya, memar di area tubuh tertentu bisa jadi disebabkan oleh hal-hal tertentu yang tidak kamu sadari. Berikut ini beberapa di antaranya seperti yang sudah dirangkum detikHealth.

Defisiensi atau kekurangan beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin K, C, zat besi, atau bioflavanoid, bisa menimbulkan memar mengingat peran mereka dalam pembekuan darah, demikian dilansir The Health Site.

Vitamin K diketahui dapat membantu pembekuan darah dan merupakan komponen penting dari struktur tulang. Kekurangan vitamin ini mempengaruhi pembekuan darah normal, sehingga menyebabkan memar. Sementara vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen dan senyawa lain yang membantu kulit dan pembuluh darah untuk menahan dampak yang menyebabkan memar.

Seng dan zat besi adalah mineral penting yang membantu penyembuhan luka. Selain itu, kekurangan zat besi menyebabkan anemia, penyebab yang diketahui untuk memar konstan. Bioflavonoid seperti citrine, rutin, catechin dan quercetin dapat ditemukan di buah seperti jeruk atau pisang.

Diabetes mempengaruhi tubuh tak hanya soal kadar gula darah. Kondisi ini dapat mengganggu sirkulasi, yang membuat pengidapnya jauh lebih mudah memiliki memar. Pasien diabetes dapat mengembangkan hiperglikemia, terlalu banyak glukosa dalam darah, dan ini dapat merusak pembuluh darah dari waktu ke waktu dan menyebabkan memar.

Tak hanya memar, rasa haus yang berlebihan, penglihatan kabur, dan kelelahan, bisa menjadi pertanda yang wajib diwaspadai seperti dikutip dari Medical Daily.

Memar konstan di bagian punggung tangan atau lengan umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Memar-memar ini, yang dikenal sebagai purpura aktinik, dapat dimulai dengan bercak merah, kemudian berubah menjadi ungu, lebih gelap, sebelum akhirnya memudar secara perlahan.

Jenis memar ini terjadi karena dinding pembuluh darah menjadi lemah akibat paparan sinar matahari bertahun-tahun. Aspirin, coumadin, alkohol, semua ini dapat memperburuk kondisi.

Pengencer darah tertentu seperti warfarin dan aspirin mencegah darah dari pembekuan dan dapat membuat seseorang jadi rentan terhadap memar konstan. NSAID seperti ibuprofen, kortikosteroid misalnya kortisol atau prednison, dan bahkan SSRI seperti Prozac dapat menyebabkan mudah memar.

Suplemen alami seperti ginkgo biloba atau minyak ikan jika digunakan berlebihan dapat menyebabkan darah menjadi tipis dan mudah memar. Namun, ini hanya terjadi pada kasus yang jarang karena suplemen saja tidak dapat mengencerkan darah secara berlebihan kecuali digunakan bersamaan dengan obat pengencer darah.

www.tribunposttoday.com
FacebookTwitterLineWhatsAppFacebook MessengerLinkedInPinterestTelegramWeChatShare
Category: Healthy
[otw_is sidebar=otw-sidebar-5]
    No Response

    Leave a reply "Kemungkinan Penyebab Memar di Tubuh"