Picu Nyeri Dada

0 668
...

Sakit jantung memang identik dengan gejala nyeri dada. Meski demikian, bukan berarti ketika Anda mengalami nyeri dada, sudah pasti itu tanda ada masalah pada jantung.

Sebab, ada beberapa kondisi di luar penyakit jantung yang juga bisa memicu nyeri dada. Apa saja? Simak pemaparannya berikut ini :

1. Heartburn

Heartburn atau sensasi terbakar di belakang tulang dada bisa terjadi akibat gastriesophageal reflux disease (GERD) di mana isi perut termasuk asam lambung kembali ke kerongkongan. Sharonne Hayes, ahli jantung di Mayo Clinic mengatakan hal ini umum terjadi dan tak perlu dikhawatirkan.

"Tapi jika Anda mengalaminya dua kali seminggu atau lebih, kemungkinan Anda mengalami GERD. Jika GERD tak ditangani, bisa memicu asma, rasa tidak nyaman di dada dan kondisi yang disebut Barrett esophagus yang bisa meningkatkan risiko kanker langka," kata Hayes kepada Health.

2. Otot yang tegang

Christine Jellis, MD, PhD, ahli jantung di Cleveland Clinic mengatakan nyeri dada juga bisa disebabkan otot yang tegang. Hal ini, sering disebabkan aktivitas mengangkat beban yang berat.

"Saya pernah menangani pasien yang mengeluh nyeri di dadanya. Setelah didalami, ternyata dia sering mengangkat furniture berat dalam beberapa tahun terakhir," kata Jellis.

Ia menambahkan, jika Anda menekan dada dan rasa nyerinya bertambah, nyeri dada yang dirasa kemungkinan besar karena masalah pada muskuloskeletal, bukan akibat penyakit jantung.

3. Kostokondritis

Salah satu studi dalam jurnal American Family Physician menyebutkan diperkirakan 13 dari 36 persen orang dewasa yang datang ke Unit Gawat Darurat (UGD) akibat keluhan nyeri dada hebat mengalami kostokondiritis, bukan sakit jantung.

Kondisi ini merupakan peradangan akibat tulang rusuk bertemu dengan tulang rawan. Penyebab pasti kostokondritis belum diketahui tapi diduga kuat karena infeksi virus atau cedera dada. Umumnya, kostokondritis menimbulkan gejala seperti ada tekanan di dada.

"Rasa sakit biasanya akan hilang dalam beberapa hari atau minggu. Konsumsi obat antinyeri bisa membantu mengatasi kondisi ini," tutur Jellis.

4. Herpes zoster

Salman Arain, MD, interventional cardiologist di McGovern Medical School, University of Texas Health Science Center, Houston mengatakan herpes zoster yang muncul di daerah atas dada bisa memicu rasa nyeri. Kadang, pasien pun mengira ini gejala sakit jantung.

Namun, pada herpes zoster beberapa hari kemudian akan muncul ruam dan lepuh. Jika Anda curiga mengalami herpes zoster, Arain menyarankan segeralah cek ke dokter agar mendapat obat antivirus.

5. Perikarditis

Arain mengatakan jika Anda mengalami infeksi virus selama beberapa hari lalu bangun tidur dengan nyeri seperti ditusuk di dada, bisa jadi itu tanda mengalami perikarditis, peradangan di lapisan jaringan yang mengelilingi jantung.

Penyebabnya, bisa infeksi pernapasan meskipun kondisi lain yakni penyakit autoimun seperti lupus dan rheumatoid arthritis bisa pula jadi penyebabnya. Meski 'jinak', perikarditis bisa memengaruhi keseharian pasien.

"Perikarditis yang Anda alami bisa hilang dalam beberapa hari dengan beristirahat dan penggunaan pbat anti nyeri bisa membantu mengurangi peradangan," jelas Arain.

6. Pankreatitis

"Pankreatitis akut yaitu peradangan tiba-tiba di pankreas yang letaknya di belakang perut bisa berpengaruh pada dada. Sebab, nyeri perut intens bisa memancar sampai ke dada. Rasa sakit yang muncul biasanya mendalam dan intens," kata Arain.

Pankreatitis umumnya terjadi karena batu empedu memicu peradangan di pankreas.

7. Serangan panik

Kadang, serangan panik bisa membuat seseorang seperti mengalami serangan jantung. Selain nyeri dada, orang dengan serangan panik bisa merasakan gejala jantung berdebar, berkeringat, gemetar, mual, dan pusing.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan serangan panik, ada baiknya berkonsultasi ke dokter untuk bisa mendapat penanganan dari psikiater atau psikolog.


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Category: Healthy
    No Response

    Leave a reply "Picu Nyeri Dada"