Sederet Fakta ALS, Penyakit

0 550
...

Pencinta kartun Spongebob dan industri perfilman kini tengah berduka. Stephen Hillenburg yang juga merupakan seorang ahli biologi kelautan ini meninggal dunia. Semasa hidupnya, Stephen Hillenburg pernah memiliki riwayat penyakit yang disebut ALS atau Amyotrophic Lateral Sclerosis.

Tak banyak yang tahu, nyatanya ALS sudah pernah menjadi asal muasal kampanye terkenal 'Ice Bucket Challenge'. Berikut ini adalah sederet fakta seputar penyakit yang diidap sejumlah pesohor dunia salah satunya Fisikawan Stephen Hawking.

Dikutip dari Mayo Clinic, ada beberapa gejala dan tanda awal yang bisa dibaca ketika seseorang mengidap ALS atau penyakit yang disebut Lou Gehrig's ini.

Di antaranya kesulitan dalam berjalan atau melakukan aktivitas sehari-hari, sering tersandung tiba-tiba atau terjatuh, lemah pada kaki dan tangan, jadi lebih ceroboh, kram otot, dan kesulitan dalam menjaga kepala tetap tegak.

ALS diwarisi dalam 5 hingga 10 persen kasus, sementara sisanya tidak diketahui penyebabnya. Para peneliti sedang mempelajari beberapa kemungkinan penyebab ALS, seperti mutasi gen atau ketidakseimbangan kimia.

Orang dengan ALS umumnya memiliki tingkat glutamat yang lebih tinggi dari biasanya. Terlalu banyak glutamat diketahui beracun bagi beberapa sel saraf.

Selain itu, respon imun yang tidak teratur dan kekacauan protein (menyebabkan akumulasi bertahap dari bentuk abnormal dari protein dalam sel dan menghancurkan sel-sel saraf) menjadi beberapa penyebab yang masih didalami lebih lanjut.

Karena ALS tergolong penyakit yang progesif, pasiennya bisa mengalami risiko komplikasi di antaranya masalah pernapasan. Sehingga beberapa orang dengan ALS tingkat lanjut memilih untuk melakukan trakeostomi yakni prosedur bedah yang dilakukan dengan membuat lubang di saluran udara atau trakea untuk memasukkan tabung yang dapat membantu jalan napas.

Selain itu, masalah dalam berbicara juga berkembang dari waktu ke waktu. Biasanya bermula dari kata-kata yang mulai tidak jelas kemudian bertambah parah. Orang dengan ALS biasanya berkomunikasi lewat bantuan teknologi.

Risiko malnutrisi, masalah dalam mengingat atau memutuskan sesuatu, hingga demensia, masuk dalam daftar lainnya.

Ada faktor risiko dari keturunan, sebanyak 5-10 persen orang dengan ALS mewarisinya. Pada kebanyakan orang dengan ALS keluarga, anak-anak mereka memiliki kemungkinan 50:50 mengembangkan penyakit.

Risiko ALS meningkat seiring bertambahnya usia, dan paling sering terjadi antara usia 40 dan 60 tahun serta lebih banyak pria yang mengalaminya.

Selain genetik, faktor lingkungan seperti merokok atau paparan toksin lingkungan juga mempengaruhi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa paparan timbal atau zat lain di tempat kerja atau di rumah mungkin terkait dengan ALS. Banyak penelitian telah dilakukan, tetapi tidak ada agen tunggal atau kimia yang secara konsisten dikaitkan dengan ALS.


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Category: Healthy
    No Response

    Leave a reply "Sederet Fakta ALS, Penyakit"