Jadi Negara Paling Bahagia

0 955
...

Tahun 2017, Norwegia menempati peringkat pertama dalam negara paling bahagia di dunia versi PBB. Salah satu rahasianya, Norwegia punya alam yang indah.

The World Happiness Report, suatu laporan tahunan dari PBB mengeluarkan hasil daftar negara-negara paling bahagia di dunia. Tahun 2017 terjadi kejutan. Bukan Denmark yang kerap menempati peringkat pertama, justru Norwegia yang jadi juara.

Dilansir BBC seperti dilihat detikTravel, Rabu (22/3/2017) penilaian negara paling bahagia tersebut dilakukan dengan survei pada 1.000 orang di 150 negara. Kemudian dibuat analisis statistik yang berpacu pada kekuatan ekonomi (diukur dari pendapatan domestik bruto alias GDP per kapita), dukungan sosial, usia harapan hidup, kebebasan dalam memilih, dan persepsi terhadap korupsi.

Norwegia sebenarnya tidak pernah keluar dari peringkat 5 besar dalam beberapa tahun terakhir. Garis besarnya mengapa Norwegia menjadi negara paling bahagia di dunia adalah pajak yang tinggi sehingga pendidikan dan pengobatan gratis, jalanan yang rapi, keamanan serta tingkat korupsi yang nyaris nihil.

Mari kita mengecurutkan lebih kecil, salah satu rahasia Norwegia menjadi negara paling bahagia. Yang masih berkaitan dengan traveling, yakni Norwegia memiliki alam yang indah!

Norwegia berada di utara daratan Eropa yang dihuni sekitar 4 juta orang. Bentang alam Norwegia cukup indah, dengan sungai, danau, perbukitan, gunung es serta aurora di malam hari. Bahkan Norwegia dijuluki sebagai 'The Island of 100.000 Lakes'. Ya, Norwegia diberkahi oleh banyak danau yang cantik. Bahkan danau terdalam di Eropa, yakni Danau Hornindalsvatnet saja ada di sana.

Beberapa tempat wisata alam di Norwegia seperti kawasan Flam yang berupa lembah hijau bak permadani, Geirangerfjord yang punya tebing-tebing gahar, Kepulauan Lofoten, Fjords yang panoramanya super indah, Jotunheimen yang merupakan perbukitan, Svalbard dengan gletser yang super luas dan masih banyak lagi.

Masyarakat Norwegia begitu menjaga alamnya. Pembangunan gedung-gedung diatur sedetil mungkin agar tidak merusak ekosistem. Malah, penduduknya lebih suka memilih naik sepeda dibanding naik mobil atau motor. Alasannya simpel, selain meminimalisir polusi juga lebih murah.

Masyarakat Norwegia sendiri juga suka traveling, menjelajahi negerinya. Masyarakatnya paling suka main ski saat musim dingin tiba. Konon, olahraga ski juga berasal dari Norwegia yang mana kata ski diambil dari bahasa Old Norse yang berarti potongan kayu.

Masyarakat Norwegia suka kegiatan 'back to nature'. Mereka paling suka berkemah dan merasakan kehidupan alam liar. Maka Norwegia punya peraturan berbunyi 'allemannsrett' yang artinya siapa pun diizinkan berkemah di mana saja di tanah Norwegia.

Saking sukanya dengan alam, semua kantor yang berada di Norwegia (paling banyak di Oslo) harus menghadap ke danau atau taman. Alasannya adalah karena jika sedang penat, bisa langsung segar kembali pikirannya setelah melihat pemandangan indah.

Norwegia punya 240 ribu pulau dengan garis pantai memanjang sampai 102 ribu kilometer. Kalau keindahan alam Norwegia bisa bikin bahagia orang-orangnya, sebenarnya Indonesia juga tak kalah indah alamnya. Semoga suatu hari nanti, kita bisa bahagia seperti Norwegia.

 


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Category: Travel/Food
    No Response

    Leave a reply "Jadi Negara Paling Bahagia"