Yang Populer di Dapur China

0 622
...

Hidangan China umumnya dibuat dengan 7 metode masak ini. Mulai dari tumis, panggang sampai kukus. Apa saja bedanya?

Populer di seluruh dunia, hidangan China disukai karena dibuat fresh dengan bahan-bahan musiman. Tampilannya juga menggiurkan sehingga menerbitkan selera makan. Dalam membuat hidangan China, ada 7 metode masak yang umum dipakai, seperti diungkap China Highlights (10/10) berikut.

1. Stir-frying

Stir-frying adalah metode masak klasik China. Teknik ini menghasilkan masakan yang cepat, mudah dan enak. Bahan yang dibutuhkan adalah wok dan spatula. Untuk jenis makanan, kombinasi daging atau seafood, sayuran dan tofu biasanya diproses dengan stir-frying. Semua bahan perlu diiris memanjang atau dipotong kotak. Daging atau seafood sebelumnya juga dibumbui soy sauce dan garam.

Untuk memasak stir-frying, panaskan wok dengan sedikit minyak di atasnya. Masukkan daging atau seafood, masak hingga setengah matang lalu sisihkan. Tambahkan lagi sedikit minyak ke wok, masukkan sayuran dan tofu lalu masak juga dengan cepat. Terakhir masukkan kembali daging atau seafood. Tambahkan aneka bumbu pelengkap dan aduk jadi satu.

Foto: iStock

2. Goreng dengan minyak banyak

Menggoreng dengan minyak banyak atau deep-frying menghasilkan makanan yang renyah. Baik daging atau sayuran harus terendam minyak saat diolah dengan teknik ini. Suhu panas yang tinggi juga diperlukan. Untuk peralatannya, ada saringan kawat China yang mampu meniriskan makanan dari banyak minyak saat diangkat.

3. Kukus

Mengukus adalah teknik masak yang disebut-sebut paling sehat. Teknik ini memungkinkan makanan terasa fresh dan enak. Terlebih kandungan nutrisinya juga tetap terjaga. Biasanya orang China mengukus pakai klakat bambu yang bisa ditumpuk. Urutannya, makanan yang paling lama dikukus ditaruh di bawah. Jenis hidangan China yang populer dikukus adalah dim sum, bakpao dan ikan.

4. Red Stewing

Teknik memasak China juga mengenal stewing atau merebus perlahan dengan api kecil. Bedanya, di negeri tirai bambu, stewing-nya berwarna merah karena ditambahkan aneka bumbu khas. Mulai dari soy sauce, gula, jahe, wine, five-spice powder, daun ketumbar dan kaldu atau air. Makanan yang umum diolah dengan red stewing adalah iga dan ikan.

5. Rebus

Dari sekian banyak teknik masak China, merebus adalah yang paling mudah. Teknik ini juga mampu mempertahankan warna, bentuk dan nutrisi bahan makanan. Hidangan China populer yang direbus adalah brokoli dengan saus tiram serta sup tomat dan telur.

6. Panggang

Banyak hidangan China seperti ayam, bebek dan babi diolah dengan cara dipanggang. Sebelumnya daging sudah dibersihkan, dibumbui dan diberi minyak. Daging lalu digantung di atas api atau diletakkan di dalam oven sangat panas. Setelah matang, daging diiris dan ditata cantik di piring saji. Olahan populer memakai teknik ini adalah bebek Peking.

7. Braising

Proses braising termasuk memasukkan bahan makanan, rempah, bumbu dan sedikit air atau kaldu ke wok atau wajan. Semuanya direbus bersamaan dengan suhu tinggi, lalu direbus lama memakai suhu rendah. Braising memungkinkan semua bahan makanan termasak sempurna. Hidangan China terpopuler yang diolah dengan cara braising adalah ayam dengan jamur atau daging sapi dengan kentang.


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Category: Travel/Food
    No Response

    Leave a reply "Yang Populer di Dapur China"